Si ibuk baru pertama kali ikutan acaranya Nouman Ali Khan - "Story Night Whisper"

Waaah luar biasaa ... Banyak banget ilmu yang si ibuk dapatkan dari acara itu, mengingat ilmu agama si ibuk masih cetek banget ... Jauh lebih cetek dari air di selokan kecil depan rumah si ibuk 😅😅

Kali ini si ibuk mau membahas mengenai kelakuan "membanding-bandingkan"  a.k.a comparison.  Beliau bilang comparison adalah salah satu bawaan setan (semoga si ibuk gak salah tangkap)

Tapi memang iya banget kan, sebagai manusia yang tempatnya salah ini, si ibuk suka banget membanding-bandingkan ... Kalo lagi kumaaat bisa sampe gini nih, "anak tetangga aja yang kerjaannya maen meluluuu, kok bisa rangking di sekolahnya.  Anak aku??!"

Kaco banget kan si ibuk ni ... Gak pernah ada puasnyaaa.  Pantes banget sampe ada pribahasa yang bilang rumput tetangga selalu lebih hijau.  Mungkin disinilah perannya berpikir positif itu yaa ... Jadi apapun yang menimpa harus positiiif teruuus bawaannya.  

Misal anaknya si ibuk udah belajar bolak-balik tapi ujian Bahasa Arabnya masih di angka 5 aja ... Jangan marah duluuu ibuuuk, jangan hanya liat busuknya aja.  Tapi liatnya alhamdulillah dia anak yang penuh inisiatif mau bantuin si ibuk turunin barang kalo pulang belanja, nilai mata pelajaran yang lain sudah oke, mengajinya juga lumayan, dst ... Dengan begitu, kepala jadi lebih dingin bawaannya nggak emosian dan nggak ngelimpahin ke anak.

Dengan kepala dingin itu, cari akar permasalahan dimana letak kurangnya sampe dia masih bisa dapat 5, dan brainstorming cari solusi gimana kira-kira bisa ningkatin jadi 9 (lah ibunya aja ga paham apa yg dia pelajari mau nyuruh anak dapat 9 ... Tapi teuteep anak kan harus lebih baik daripada sang ibuk 🤪🤪).

Pantes aja dibilang bahwa iblis  akan menggoda manusia supaya tidak bersyukur/grateful seperti yang tercantum di QS Al-A'raf : 16-17 yang artinya:

(Iblis) menjawab, "Karena Engkau telah menghukum aku tersesat, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus, kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka.  Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur"

Soalnyaaa, memang membandingkan-bandingkan itu sangatlaaah menggiurkaaan.  Tapi ... berpikir positif inilah yang akan membawa kita menjadi manusia yang bersyukur.  Nah kalo udah gini kan seharusnya hidup menjadi lebih tentram kan?

Semoga kita semua termasuk hambaNya yang bersyukur supaya hidup bahagia. Amiiin.

Image credit:  Chibird