Si ibuk paling senang bayar pajak mobil lewat drive-thru ...

Sejak si ibuk dulu denger berita kalau Polda Metro Jaya alias Komdak (Komando Daerah Kepolisian) menyediakan layanan pembayaran pajak mobil secara drive-thru, langsung deh dicoba.  Sejak pertama kali coba, bertahun-tahun kemudian sampe sekarang si ibuk selalu memanfaatkan layanan ini ...  kecuali kalo yang 5 tahunan yang harus pake cek fisik sayangnya ga bisa lewat drive-thru juga.

Si ibuk yakin kalo orang-orang pada tau seberapa simpel dan cepatnya lewat drive-thru ini pastinya pada pengen juga. Selama bayar pajak mobil lewat drive-thru ini, paling panjang antrian yang pernah dialami paling hanya ada 3 mobil yang di depannya si ibuk.  Dan prosesnya per mobil itu nggak nyampe 5 menit! Luar biasa bukan ... percaya ga percaya 😆😆

Ada beberapa persyaratan untuk bisa bayar lewat drive-thru:

  1. Ke drive-thru nya harus menggunakan kendaraan yang mau dibayar pajak tahunannya
  2. Membawa BPKB Asli
  3. Membawa STNK Asli
  4. Membawa KTP Asli

Nah tapi perlu diperhatikan, seluruhnya harus konsisten sih...kendaraan yang dibawa harus sama dengan yang di BPKB, KTP asli yang dibawa harus sama dengan pemilik yang terdaftar di BPKB, dst ... ...

Prosesnya kebagi di 2 loket, yaaa mirip-mirip kalo kita beli fast food (McDonald's, Burger King, dll) melalui drive-thru.  Jadi di loket pertama kita serahkan BPKB asli, STNK asli dan KTP asli ke petugas di loket, lalu tidak lama kemudian seluruhnya dikembalikan ke kita dan nominal pajak yang harus kita bayarkan akan kelihatan pada screen di dekat loket kedua.  Kita tinggal majukan mobil ke loket kedua dan menyerahkan uang sesuai jumlah yang harus dibayarkan.  Setelah itu beresssss ... simple bukan?

Satu lagi yang nggak kalah penting yang perlu si ibuk ingatkan, pembayaran di loket kedua per Agustus 2020 masih hanya menerima pembayaran tunai atau menggunakan kartu debit Bank DKI.  Kalau nggak punya kartu debit Bank DKI, yakinkan sudah membawa uang tunai yang cukup!  "Gimana bisa bawa uang tunai yang cukup kalau pajak yang harus dibayarkan aja ga tau jumlahnya ...," ye kan?

Trick-nya adalah ... sebelum ke drive-thru, check dulu nominal pajak yang harus dibayarkan di sini.  Informasi yang harus diisi hanya nomor polisi kendaraan dan NIK pemilik kendaraan, dan kemudian detail informasi kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan akan kelihatan.  Abis itu ya kita tinggal ambil uang di ATM atau di bank dan langsung meluncur ke drive-thru untuk bayar pajak kendaraan bermotor.

Selamat mencoba!