Ada musimnya di rumah si ibuk kedatangan nyamuk cukup banyak sampai mengganggu banget.

Beberapa jurus udah dipakai si ibuk:

  • Jurus tutup pintu. Pintu-pintu yang berhubungan keluar sudah langsung ditutup cepat (mungkin kadang sering terbuka juga tanpa pengawasan si ayah ya.. memang ayah yang jadi satpam pintu).
  • Jurus kasa nyamuk. Halaman belakang si ibuk sudah dipakaikan kasa nyamuk. Pernah juga si ibuk beli kasa nyamuk yang pakai magnet untuk dipasang di kusen pintu. Ternyata enggak bisa bertahan lama, mungkin karena si ibuk tempel ke kusennya hanya memakai double tape bukan memakai paku payung seperti yang disarankan. Sehingga belum sampai sebulan udah lepas deh kasa nyamuk magnetnya.
  • Jurus semprot obat nyamuk tiap pagi dan sore saat anak-anak tidak ada di rumah. Kadang masih ada juga satu dua tiga empat ekor nyamuk lolos dari obat nyamuk semprot itu. Sebenarnya si ibuk enggak suka memakai obat nyamuk semprot itu, apalagi memakai obat nyamuk listrik atau bakar. Selain bau-nya yang bikin enggak tahan, juga mengandung bahan kimia yang bisa terhirup anak-anak. Memang sih ada beberapa obat nyamuk yang klaim sudah lebih aman, tapi kan si ibuk ni parno an. Jadi emang cari aman aja.
  • Jurus raket nyamuk. Jadi biasanya kalo nyamuknya ada di dalam kamar, si ibuk kejar pake raket nyamuk yang lumayan powerful (foto). Kadang sambil berharap pake raket nyamuk ini bisa bakar kalori setara dengan mengayunkan raket tenis biar si ibuk cepat kurus 😁

Si ibuk emang musuhan banget sama nyamuk, selain si ibuk takuuut sama penyakit yang dibawa nyamuk, si ibuk ngerasa gak nyaman dengan bentol bekas gigitan nyamuk daaaan si ibuk pegeel kalo udh kegigit nyamuk, si ibuk dapat tugas garukin bentol yang ada di anak anak. Kadang si ibuk kasih aja minyak kayu putih atau minyak sereh, cukup efektif untuk beberapa saat tapi sayang selain si ibuk, ga ada yang suka sama wangi-wangian begini. jadi jurus terakhir ini dipakai kalau semua udah tidur pulas, jadi enggak ada yang bisa protes 😁
senjatanyamuk2
Suatu ketika si ibuk berkunjung ke rumah teman, adalah terlihat insect killer yang cukup besar, yang sebentar-bentar bunyi cetreek cetreek gitu. Wah, si ibuk pikir mantaaaap banget ini pasti efektif membunuh nyamuk di rumah si ibuk. Berdasarkan pengalaman, biasanya insect killer yang model neon begini kurang efektif kalau diletakkan di ruangan terang. Tapi karena yang ini berbunyi terus meski disaat ruangan terang, jadinya si ibuk pun berencana membujuk si ayah untuk beliin. Akhirnya sale pun tiba dan si ibuk bisa bawa pulang si insect killer incaran ini.

Ternyataaaa... insect killer merk Krisbow ini sangat efektif membunuh lalat, tapi kurang efektif membunuh nyamuk menurut si ibuk. Mungkin untuk nyamuk memang harus di tempat yang gelap atau memang enggak gitu terdengar suaranya pas nyamuknya kena. Semenjak pembelian tahun 2015, hampir setiap malam insect killer ini menyala. Baru sekali si ibuk service karena lampunya mati dan tidak ada aliran listrik di kawat-kawatnya sehingga tidak bisa membunuh lalat lagi.

Overall si ibuk cukup senang kok punya ini, meski ukurannya cukup besar (si ibuk sampai bingung harus meletakkannya dimana), tapi cukup membantu ketika si ibuk mendapat serangan lalat. Untuk serangan nyamuk tetap bisa dipakai namun si ibuk tetap harus memakai semua jurus yang ada 😝. Sampai-sampai kalau lagi makan di luar dan menemukan restorannya banyak lalat-lalat beterbangan, langsuuung keingat si insect killer ini, pengen dipasangin aja rasanya 😝😝😝

Kalau punya jurus lain untuk menghadapi nyamuk, boleh di-share dong di komen di bawah... siapa tau bisa si ibuk praktekkan.