/ resep

Keripik kelapa buatan si ibuk

Jadi, ceritanya si ibuk sangat suka ngemil...

Seharusnya sih si ibuk enggak usah heran atau panik kalau timbangan sukanya geser ke kanan. Kan udah tau makan cemilannya banyak. Jadi harusnya terima aja timbangan geser ke kanan, kalo nggak mau begitu ya cemilannya diganti dengan yang sehat. Gitu kan?

Oke... jadi awalnya si ibuk ganti cemilan dengan buah-buahan, tapi pengen juga yang asin-asin yang kriuk kriuk. Kalo makan keripik singkong, udah jelas digoreng kan. Ah, lagi menghindari yang digoreng-goreng dulu deh. Terus tiba-tiba kok kepikiran keripik kelapa. Coba googling ternyata kayaknya gampang bikinnya...

Si ibuk pun langsung mencoba bikin sendiri.

Berdasarkan informasi dari klikdokter.com, daging kelapa ini memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Kaya akan serat yang baik untuk membantu proses pencernaan dan juga pemecahan lemak, serta dapat pula digunakan pada program penurunan berat badan.
  • Mengandung zat anti oksidan.
  • Menurunkan kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.
  • Memperbaiki metabolisme tubuh dan dapat pula membangkitkan energi.
  • Sebagai sumber minyak nabati.
 

Setelah beli kelapanya, si ibuk langsung membuang kulitnya dan memarutnya dengan pengupas kentang/sayur (vegetable/potato peeler). Hasilnya adalah selain daging kelapanya lumayan tipis-tipis, jempol si ibuk pun jadi merah. Nanti kalau mau bikin lagi, mau coba pakai parutan singkong aja deh daripada jempol jadi merah. Sisa kelapanya yang tidak bisa dikerjakan juga lumayan banyak kalau pakai peeler.
peel1
Dari satu kelapa jadinya kurang lebih satu kantong plastik 1 kg-an. Untuk rasa, rasanya kayak kelapa aja gitu... si ibuk coba kasih sedikit garam atau perasa kentang goreng, jadi enak juga. Kriuk Kriuk asin manis. Lumayan banget buat dimakan sambil minum teh atau kopi. Bisa banget buat cemilan dikala lapar tapi belum waktunya makan besar. Anak anak juga suka kok, gak terasa satu plastik keripik kelapa ini habisnya cepat banget.

Resep aslinya dari sini thethingswellmake.com

Bahannya:

  1. Daging kelapa tua
  2. Gula setengah sendok (optional. si ibuk gak pakai)
    peel2

Caranya:

  1. Buang kulit daging kelapa ( kalau bisa beli yang sudah terkupas)
  2. Peel daging kelapa
  3. Aduk dengan gula (jika menggunakan gula)
  4. Letakkan di loyang menjadi satu lapis (boleh juga diletakkan di atas baking paper agar tidak menempel)
  5. Panggang menggunakan oven di 150 derajat celcius selama 40 menit (atau sampai kecoklatan). Lama memanggang tergantung oven masing-masing, oven si ibuk ini memang lamaaa banget panasnya.
  6. Setelah matang boleh dikasih garam atau perasa kentang goreng jika suka
 

Tips:

  • Saat meletakkan di loyang untuk dipanggang, jangan terlalu menumpuk lapisan kelapanya, kalau perlu panggang dalam 2 atau 3 batch supaya terpanggang merata.
  • Lebih baik menggunakan oven dengan api atas-bawah.
  • Pada saat memanggang, si ibuk sesekali mengeluarkannya lalu digoyang-goyangkan supaya tidak menempel (soalnya si ibuk tidak memakai baking paper)

Selamat mencoba.
peel3