Sebenarnya si ibuk jauuuh lebih menyukai buah yang dijus daripada infused water.

Tetapi, untuk menambah rasa pada air putih buat anak-anak, si ibuk mencoba menambahkan lemon mint ke dalam air mereka. Kalau untuk anak-anak sedikit sekali lemon yang si ibuk kasih, hanya untuk perasa saja. Tapi kalau untuk si ibuk, biasanya lemonnya diperas dulu lalu sisanya dimasukkan juga ke dalam air minum (ogah rugiii). Sementara ini cara ini cukup berhasil untuk membuat mereka mau minum air lebih banyak. Mungkin ada sedikit rasa lemon dan daun mint membuat air putih menjadi lebih segar.

Infused water ini sebaiknya dikonsumsi 2 jam setelah dimasukkan potongan lemon dan daun mint-nya. Tetapi perlu diingat kalau potongan lemon ini bisa mengeluarkan rasa pahit setelah 6 jam. Jadi jika anak-anak membawa infused water ke sekolah, biasanya si ibuk suruh buang lemon dan mint-nya setelah mereka makan siang. Si ibuk pernah beberapa kali memakai buah-buahan lain untuk infused water seperti apel dan kiwi, tapi ketika sudah lewat dari 6 jam terendam air, buah sudah terasa tidak enak lagi... jadi si ibuk buang deh. Sebagai pecinta buah, kok sayang banget rasanya kalau yang diambil hanya rasa-rasanya saja tapi serat dari buahnya malah dibuang. Akhirnya setelah itu si ibuk hanya memakai lemon dan daun mint saja untuk infused water.

Keuntungan meminum infused water yang terpenting adalah adanya kemungkinan mendapatkan beberapa nutrisi lebih dari buah yang dimasukkan, selain dari terhidrasi sama dengan minum air putih biasa. Tapi, tentu tetap saja tidak akan mendapatkan serat, nutrisi, vitamin, ataupun anti-oksidan alami yang sama seperti yang akan tubuh kita peroleh saat meminum jus buah atau jus sayuran. Kandungan antioksidan alami dan vitamin alami yang sehat dari infused water diperkirakan sekitar 20% dari jus buah segar. Menjadi terhidrasi tidak hanya meningkatkan kesehatan kita dan secara alami membuang racun dari dalam tubuh, tapi air juga membuat kulit kenyal dan elastis. (ditermahkan bebas dari - www.infusedwaters.com/the-benefits-of-drinking-infused-water)

Terkadang, kalau harga lemon sedang tinggi, si ibuk memakai jeruk nipis untuk infused water-nya. Pokoknya yang mana yang lebih pas buat kantong aja yang si ibuk beli. Tapi kalau pakai jeruk nipis kok kalau liat di botol minuman anak-anak seperti lihat air kobokan di restoran... hahaha. Soalnya kan hanya satu potong saja. Jadi, si ibuk awalnya suka wanti-wanti ke anak-anak kalau di restoran, yang ada di mangkok adalah buat kobokan. Kalau adanya di botol, baru boleh diminum... Khawatir nanti air kobokan mereka minum 😝

Untuk air infused ini si ibuk gak pakai resep baku. Bahan yang dipakai adalah air, potongan jeruk lemon/ jeruk nipis dan daun mint.

  • Yang penting untuk anak-anak tidak asam. Misal: untuk 700 ml air (satu botol minum anak anak) dimasukkannya 1 slice lemon dan 4 daun mint.
  • Untuk orang dewasa: untuk 2 liter air, setengah jeruk lemon diperas lalu sisanya dipotong dan dimasukkan kedalam air dan 10 lembar daun mint.

Diminum dalam keadaan dingin lebih nikmat. Segeeeerrrrr... 🍋🍋