Si ayah punya alat baru di rumah yang ternyata multifungsi banget ...

Awalnya si ayah beli Lakoni Jet Cleaner Laguna 70 ini buat iseng-iseng coba nyuci AC rumah sendiri.  Gak cuma itu, pembeliannya juga dilengkapi dengan keran nozzle steam jet cleaner dan nggak lupa plastik panjang untuk cuci AC supaya airnya nggak kemana-mana (beli terpisah).  

Iseng-isengnya si ayah lumayan sukses, sekarang udah sampe 3 AC rumah yang dibersihin dan alhasil semua kembali dingin meskipun dengan settingan suhu yang lebih tinggi dari biasanya (sebelumnya 20° baru mulai dingin, sekarang 25° udah dingin).  Hitung punya hitung, jadi lebih hemat dan lebih aman di jaman pandemi ini (mayan banget buat nambah-nambah uang belanja si ibuk kaan 😄).  Yang bikin seneng adalah penggunaannya pun mudah (kayaknya ... soalnya si ibuk ga perlu punya tugas tambahan bantuin si ayah bersihin AC ... berarti mudah kaaan??)

Nah, selain itu, belakangan ini si ibuk lagi banyak sibuk beberes halaman belakang dan depan. Rupanya  batu alam dan rumput sintetis di halaman udah kotor dan lumutan.  Lalu, selagi pengerjaan, dindingnya banyak yang ga sengaja kena tanah jadi kotor.  Ngelihat kondisi begini, si ayah dapat ide mau coba manfaatin si Lakoni Laguna 70 ... Hasilnya ternyata kereeeen, ... nggak nyesel deh ngebeli alat ini! Hanya saja si ibuk agak nggak kuat ama suaranya yang berisik.  Khawatir mengganggu tetangga.

Silahkan disimak beberapa pemanfaatan Lakoni Laguna 70 berdasarkan pengalaman si ibuk dan si ayah ...

Bersihin Batu Alam

Si ibuk kumpulin batu alam yang udah kotor di ember, lalu tinggal disemprot aja pake Laguna 70 sampe bersih.  Kalo batu bagian atas ember udah bersih, embernya digoyang- goyang supaya gantian posisi batu yang udah bersih ke bawah, dan yang tadinya kotor di bawah pindah ke atas.  Abis itu kembali disemprot lagi sampe bersih.  Ini bisa dilakukan berulang hingga seluruh batu diember sudah kelihatan bersih.  

Lumayan efektif kok cara ini ... meskipun ga kinclong amat, tapi cukup bersih daripada harus nyikatin batunya satu per satu dari nol. Cuman tetep aja, sambil nemenin anak-anak PJJ,  si ibuk periksa batu satu-satu dan sikat seadanya.  Lalu masukin ke larutan bayclin.  Baru deh bersiiih kek hampir baru.  Si ibuk udah pernah coba pake kaporit saja atau langsung bayclin saja ... tapi  hasilnya gak sebersih ini sih.  Jadi tetep pake beberapa step untuk bersihin batu.  Tapi Laguna 70 ini sangat sangat membantu.  Refer ke gambar di bawah.

Bersihin Dinding

Setelah selesai bersih-bersihin batu alam, dindingnya si ibuk juga dapat giliran dibersihin pake alat ini karena ternyata juga  ikutan kotor, nggak sengaja kena tanah merah.  Alat ini juga efektif banget untuk ngebersihin kotoran di dinding ... btw ini dinding di taman belakang yaaaa, bukan dinding dalam rumah (kalo dinding dalam rumah disemprotin pake Lakoni ini mah bakal banjirrrrr kemana-mana). Kotoran tanah merah itu sebagian besar bisa hilang, tapi untuk yang kotornya nyeret dan udah agak lama, ini agak susah dan tetap harus pake disikat.

Tapi sebelum melakukan ini, pastikan dulu cat temboknya model yang bisa tahan semprotan high pressure jet spray ... kalo enggak, bisa-bisa catnya luntur ato pada ngelupas.  Sayangnya untuk ngebersihin dinding ini si ibuk lupa foto yang "before", hanya punya yang "after", jadi nggak bisa kasi perbandingan hasil performa penggunaan Lakoni ini.

Bersihin Karpet Sintetis

Nah, karpet rumput sintetis si ibuk ternyata juga nggak kalah kotornya. selain ada tanah-tanah merahnya nempel, lumayan banyak juga area yang berlumut.  Ngebersihin ini pake si Lakoni Laguna 70 sip bangettt, selain kotoran tanahnya bisa hilang (kelihatan jelas tanahnya kebuang saat disemprot ... lihat foto di bawah), lumut-lumut di sela-sela rumput itu pun bisa keangkat semua.  Satisfying bukaaan ...  Asal tahan sama berisiiiknya ajah ... 😧

Cuci Mobil

Ya, tentunya orang-orang yang membeli Lakoni Laguna 70 ini penggunaan utamanya untuk cuci kendaraan bermotor.  Tapi si ayah agak-agak ragu menggunakannya buat mobil di jarak yang dekat, karena ngebaca dari internet ada yang bilang kalo jet spray kencang begini bisa ngerusak coating cat mobil.  Ga tau ya itu akurat apa enggak, tapi lebih baik dihindari daripada nyesal kemudian.

Wahhh, overall puas banget ama Lakoni Laguna 70 ini ... ternyata multifungsi bisa dipake untuk macam-macam acara pembersihan.  Tapiiiii sekali lagi, si ibuk tekankan, ada satu hal yang paling nggak disenangi, yaitu suaranya berisik!  Belum punya perbandingan sih ama produk lain, jadi nggak tau deh apa memang wajar suaranya kenceng begini, atau sudah tergolong hening dibanding produk lain.

Disclaimer: Review produk ini hanya berdasarkan pengalaman si ibuk dan si ayah. (belum pake di-endorse ... Kalo Laguna mau endorse sih boleh banget 😉).  Jadi hasil bisa bervariasi pada tiap pemakaian. Terutama berdasarkan ketahanan telinga para pemakai hahahaha.