Punya anak umur 11 tahun dan 9 tahun itu kayanya kuping si ibuk istirahatnya cuma kalo mereka bobo atau pergi sekolahan.

Kalo dulu jaman anak-anak masih kecil, kuping ini gak istirahat karena mereka sibuuuuk ceritaaaa ini itu gak berhenti. Nah kalo sekarang sih masih sibuk cerita juga, tapi sibuuuuuk berantem. Ampuuuunnn biyuuung...

Kadang kalo si ibuk lagi baik hati, si ibuk bisa dengan nada datar bilang: "ibu enggak nyaman ya denger berantem gini." Bisa tuh berhenti agak 2 menitan, tapi setelah itu kayak mainan dimasukin koin lagi, ribuuut lagi. Grrrrhhh gemeezzzzz... Kalo pas si ibuk lagi khilaf ya keluar juga auman maut si ibuk... Roooaaarrrhh... (maafin ibu ya nak).

Kan minggu lalu si ibuk belajar tahap perkembangan anak, ternyata ooh ternyata... salah satu tahap perkembangan anak 11 tahun adalah bersebrangan pendapat dan suka berargumentasi, dan tahap perkembangan anak 9 tahun adalah banyak menggunakan kata negatif, suka mengkritik. Ya udah lah yaaa... kelaaar urusan lo..

Di tahap ini enggak bisa "ketemu" kan mereka. Baiklaaah. Tetep Alhamdulillah, paling nggak untuk urusan yang ini mereka sesuai dengan umurnya 😑😑. Tinggal si ibuk aja harus cari kata atau cara lain kalo lagi kumat.

Supaya aman, si ibuk akan pake prinsip si ayah. Kata si ayah, kalo mereka lagi ribut anggap aja itu music to your ears. Bentar lagi juga akan lewat masanya mereka begini (emang kalo ngomong jauh lebih enak daripada melakukannya, padahal kalo si ayah ditinggal lama sama anak-anak pas mereka lagi berantem juga puyeeng kok... hahahaa)

Tapi si ibuk seneng banget punya kesempatan belajar tahap perkembangan anak, seru juga lihat anak-anak ini udah "sampe" tahap mana. Jadi tugas si ibuk dan si ayah cari cara mengarahkannya ke jalan yang benar.

Okay kids, you are the music in my life. Mau musik jazz, musik rock 'n roll, musik metal, musik hardcore, musik campur sari... si ibuk selalu siapkan kuping untuk mendengarkan...

Detail tahapan perkembangan anak dilihat dari aspek fisik, sosial, bahasa dan kognisi dapat dilihat pada link di bawah (referensi: PPOT4)