Tau banget kan Jakarta sering banget macet ...

Sore tadi di mobil saat kondisi maceeet, di bagian belakang mobil udah mulai kedengeran anak-anak berisik, berdebat akan hal-hal keciiil banget. Awalnya masih bisa dialihkan dengan cara bergantian bercerita tentang hari ini (termasuk si ibuk). Waktu gilirannya si ibuk, sengaja banget dipanjang-panjangin ceritanya supaya mereka ga berisik memperdebatkan hal-hal nggak penting. Kegiatan bercerita ini juga sekalian recalling apa saja yang mereka lakukan di sekolahan, serta perasaan apa yang mereka dapat hari ini.

Memang teorinya kalau mendengarkan harus ada kontak mata. Tapi maap punya maap nih, si ibuk belum bisa ikut teori ini kalo lagi di mobil dan dalam keadaan nyetir. Ya berabe dong kalo selagi nyetir mencoba untuk menjaga kontak mata saat mendengarkan anak bercerita,... ini mobil bisa jalan sendiri emangnya?? πŸ˜†πŸ˜† Tapi di lain waktu si ibuk usahakan kontak mata sebisa mungkin πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

Kemudian setelah masing-masing udah selesai bercerita, keadaan cukup tenang untuk beberapa saat. Tapi karena kemacetan belum mencair, mulai ada indikasi anak-anak bakal debat kusir lagi. Mungkin ini juga akibat dari peraturan si ibuk kalo lagi di mobil, tidak boleh membaca, menulis, apalagi pegang gadget. Jadinya mereka cepat bosan dan mulai cari kesibukan (baca: keributan). Si ibuk langsung berpikir keras dengan cepat supaya sore ini selamat dari "aum"-an si ibuk. Hmmm baiklaaah, harus kasih permainan nih kayanya.

Kali ini permainan yang dipilih adalah menebak bentuk awan. Untungnya pas ngejemput anak-anak pulang sekolah, hari masih terang. Permainannya yaitu masing-masing menyebutkan 2 benda yang bisa "ditemukan" di susunan/jejeran awan secara bergantian (hasil kesepakatan hanya 2 aja, soalnya kalo 3 kebanyakan, kalo 1 kedikitan).
awan
Awalnya si ibuk masih bisa mengira-ngira benda apa yang mereka lihat. Terus mereka harus bisa menjelaskan mana outline-nya dan ciri-cirinya apa.
"Itu kapal, itu tiang layarnya ...," ooh oke, si ibuk masih bisa lihat tiang layarnya.
"Itu kelinci ...," ooh iyalah, masih keliatan kupingnya ...

Lama-lama kok ya mulai ngarang kayanya, si ibuk gak tau di sebelah mana benda yang dimaksud dan outline-nya gak keliatan.
"Itu sirip ikan hiu ...," ????
"Itu kaos kaki abang ...," ???? (ada ya beda bentuknya antara kaos kaki abang sama kaos kaki adek ?!)

Sampe pada gongnya, setelah 15 menit bergantian main dan tibalah giliran Little L
β€œItu kayak upil adek ...,” (Zzzzzzz.... langsung pengen bobo saat itu juga rasanya).

Ya sudahlah gak papaaa nak, silakan eksplor, silakan berimajinasi ... yang penting gak terasa sampe rumah pluuus si ibuk terhindar dari emosi bergejolak ngedengerin debat kusir yang gak putus putus itu. Daaan semua senaaang.

Beberapa hal yang terbangun dari permainan ini antara lain bahasa / kosa kata dan cara mendeskripsikan sesuatu lewat ciri-ciri. Misalnya saat dia bilang sirip ikan hiu, si ibuk tanyakan lagi ciri-cirinya hiu apa:
"Memang hiu itu ada berapa siripnya?"
"Jenis hewan apa sih hiu ini?"
"Tau gak berapa banyak gigi hiu ini?"
"Kenapa gigi hiu tajem tajem semua?"
Meskipun hal ini sebenarnya juga dilakukan semata-mata supaya permainan berlangsung lebiiiiiih lamaaaaa 😬😬

Masih ada lagi beberapa permainan lainnya yang bisa dilakukan bersama anak ditengah kemacetan. Misalnya:

Bermain ABC 5 dasar

Ketika huruf sudah ditentukan, misalnya huruf A, semua yang berawalan A boleh disebutkan. Peraturannya hanya berlaku untuk kata dasar, dan tidak boleh nama orang. Semua binatang, semua hewan, semua kata benda atau kata kerja pun boleh. Bisa pakai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris jika diperlukan. Permainan ini bisa berlangsung lama untuk anak umur 8-11 tahun. Karena menurut tahap perkembangan di umur 9 tahun, mereka sangat tertarik dengan bahasa dan mulai mempermainkan bahasa. Kami pernah bermain ini setengah perjalanan Jakarta - Bandung. Durasi yang cukup lama untuk hanya menyebutkan kata-kata. Permainan bisa dikembangkan lebih lanjut misalnya dengan memberikan "hukuman" kepada yang kalah, contoh: menyanyi pakai huruf "A".

Dari permainan ini si ibuk bisa lihat berapa banyak kosa kata yang mereka ketahui. Atau si ibuk bisa sekaligus mengenalkan kosa kata baru kepada mereka.

Permainan menebak jenis pohon

Ini bisa banget dilakukan ketika macet agak parah dan mobil berhenti cukup lama. Jadi bisa lihat sekeliling sambil menebak nama pohon. Untung banget ayahnya si ibuk penyuka tanaman dan kami memang besar di "hutan", jadi cukup mengenal beberapa jenis tanaman meskipun masih harus banyak belajar. Terus, permainan bisa dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan pelajaran sains (ilmu pengetahuan alam).
pohon-1
Misalnya: "Pohon ini tergolong tanaman monokotil atau dikotil?" (jika tanaman berbuah). "Ini akarnya tunggang atau serabut?" dan sebagainya.
Permainan ini cukup menarik, tapi si ibuk harus banget baca lebih banyak tentang tanaman. Dari permainan ini juga si ibuk bisa lihat sampai mana pengetahuan mereka tentang jenis tanaman dan mereka bisa belajar lebih lanjut mengenai tanaman tersebut. Permainan ini bisa dilakukan untuk umur 8 - 11 tahun karena di sekolah juga sudah mulai belajar tentang tanaman sekitar kelas 2 SD. Jadi bisa menunjang tema dari sekolah.

Permainan menebak lagu

Yang satu menggumamkan lagu dan yang lain menebak. Biasanya sih nadanya suka lari dari lagu aslinya, jadi kadang cukup rentan memicu berantem juga πŸ™„πŸ™„.

Permainan tahan tawa

Mereka suka banget main ini. Tapi permainan ini last choice banget bagi si ibuk karena keseringan menurut si ibuk gak ada yang lucu, dan suara tawanya cukup mengganggu. Tapi ya, selama gak pake fisik ya masih boleh lah. Jadi permainannya adalah, salah satu membuat ekspresi muka, atau bentuk pose tubuh, atau kalimat yang mungkin akan menimbulkan tawa untuk yang lainnya. Tapi permainan ini bener-bener harus dikawal. Kadang suka kebablasan jadi kasar. Jadi memang bener-bener pilihan terakhir buat si ibuk kalo memang sudah mati gaya.

Permainan paling lama diam

Nah ini baru permainan favorit ibu. Pemenangnya adalah siapa yang bisa menahan tidak berbicara paling lama. Lama-lama mereka bobo. Hahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

Sementara ini segini dulu permainan di kala macet yang si ibuk punya. Kalau ada ide lain boleh dong di share... danke πŸ€—πŸ€—