Si ibuk sukaaa banget ngobrol bertukar cerita dengan anak-anak sebelum tidur.

Kadang informasi yang didapat bisa tidak terduga-duga. Ternyataaa hal ini penting lo.. bukan hanya bagi anak-anak, tapi juga buat kita dan pasangan. Mungkin karena suasana sudah rileks, jadi sudah bisa bercerita dengan leluasa.

Menurut pelajaran yang si ibuk dapat, anak menceritakan kembali tentang kejadian yang dialaminya hari itu (recalling) sebelum tidur adalah hal penting dan sangat baik untuk menutup hari. Alasannya yaitu dengan recalling maka informasi yang berulang-ulang akan disimpan ke memory jangka panjang. Nahh, disini perlu kita kawal cerita dari anak-anak kita, agar dapat 'diluruskan' hal yang terjadi seharian atau info yang didapat anak-anak menjadi hal yang positif, supaya yang tertanam di memory jangka panjang mereka adalah hal-hal yang positif juga (positive thought is a must), sehingga besok paginya saat mereka bangun dan menjalani hari berbekal pengalaman positif dari hari-hari sebelumnya...

Menurut teori hypnosis katanya kondisi saat gelombang otak berada pada saat alfa dan theta (yang menandakan adanya aktifitas alam bawah sadar), yaitu salah satunya pada saat merasa rileks dan hampir tertidur namun masih menyadari keberadaan kita. Nah, saat itu adalah saat yang sangat bagus dan efektif untuk memasukkan nilai-nilai yang mau ditanamkan pada si anak. Seharusnya sih satu atau dua kalimat diulang-ulang. Misal: sholat tepat waktu ya nak, sampai si sulung ibu respon "hmmm...", baru si ibuk tinggal. Tapi si ibuk lagi mencoba menyalakan podcasts isi dongeng buat anak-anak yang ada nilai moralnya... dengan harapan nilai moralnya bisa tertanam langsung dan besoknya dipraktekkan seperti toge yang hari ini ditanam besok sudah jadi kecambah (si ibuk gak sabaaaraan 😁😁😁)

Si ibuk lebih memilih mendongeng tanpa buku di malam hari karena kalau pakai buku yang dibacakan ke anak-anak, mereka lebih senang melihat gambar-gambar yang ada di buku dongeng itu... jadinya ga pernah kejadian tuh seperti di film-film yang anaknya dibacain dongeng terus ketiduran. Si ibuk sering sih lihat contoh nyata yang anaknya dibacain dongeng terus ketiduran, tapi sayangnya strategi itu nggak berhasil pada anak-anaknya si ibuk. Tapiiii, kalau si ibuk cerita panjang panjanggg... jangankan anak-anak, si ayah aja bisa ketiduran kok denger ceritanya si ibuk (apa jangan-jangan kurang menarik mungkin ya ceritanya si ibuk ini 😓😓).
Namun kalau siang hari, memang si ibuk biarkan mereka membaca buku sendiri.

Kali ini, si ibuk berbagi podcast ke-2 tentang cerita si ello. Si ibuk mencoba memberikan lebih banyak informasi pada podcast ke-2 ini dengan harapan anak-anak dapat lebih membayangkan atau berimajinasi apa yang terjadi, bagaimana bentuk kekacauannya. Semoga terbayang ya. Segala bentuk kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan.

Seperti biasa, podcast ini bisa didengarkan streaming, langsung dari situs ini atau di SoundCloud.

Terima kasih dan selamat mendengarkan.

002 - Cerita tentang si Ello