/ bayi dan anak

Selamat tinggal ... kerak! (pada plat steam sterilizer - botol susu)

Cerita awal bermula ketika si kecil dahulu memakai botol untuk mengkonsumsi susunya.

Untuk membersihkan botol susunya, selain dicuci si ibuk dulu juga menggunakan steam sterilizer agar lebih yakin botol tersebut bebas dari kuman. Nah, pada bagian bawah sterilizer terdapat plat yang nantinya memanas dan mengakibatkan air yang telah kita tuangkan menjadi menguap.

Setelah beberapa lama menggunakan sterilizer itu, mulai muncul kerak-kerak di plat tersebut. Awalnya si ibuk kira kerak tersebut adalah sisa dari mineral air yang hangus dan bisa dibersihkan dengan sikat biasa, ternyata... susah sekali membersihkannya.

Biasanya si ibuk membersihkannya dengan kuku tangan atau digosok dengan sikat gigi atau sponge cuci piring, tetapi sampai tangan si ibuk kesemutan pun keraknya tetep ga mau lepas. Kalau dipakaikan bahan kimia penghilang kerak, takut mencemari botol susu si kecil pada penggunaan selanjutnya. Malah sempat terpikir untuk membeli yang baru dengan merk yang lebih bagus.

Ternyataaa cukup "hanya" satu setengah tahun si ibuk merasa terganggu dengan kerak-kerak itu... sampai akhirnya ketemu artikel dibawah ini. Senangnyaaa... Benar-benar membantu. Meski sekarang platnya belum bersih sempurna dari kerak-kerak itu (satu setengah tahun ga dibersihin sih...) tapi sangat jauuuuh lebih baik. Disarankan membersihkannya 1-2 bulan sekali supaya sterilizer tidak cepat rusak dan proses sterilisasi pun berjalan dengan baik. Bye-bye keraaak... Selamat mencoba!

Tips:

  • Hati-hati dengan bau asamnya yang kuat.
  • Pastikan anda menggunakan gelas ukur untuk sterilizer anda (untuk sterilizer si ibuk ukurannya 95ml, jadi si ibuk mencampur 30ml cuka dengan 65ml air sesuai dengan gelas ukur sterilizernya).
  • Setelah memakai cuka, si ibuk biarkan 2 kali proses sterilisasi biasa dengan air 95 ml dalam keadaan kosong (tidak ada dot,dll), sebelum menggunakannya kembali.

Cara Membersihkan Sisa Kotoran (kerak) Yang Biasanya Muncul Pada Dasar Mesin

Kerak yang muncul pada dasar mesin apabila tidak dibersihkan akan mengganggu proses sterilisasi. Untuk itu ada baiknya rajin membersihkan kerak, caranya adalah :

  1. Untuk Steam Sterilizer 2 botol : campurkan 10 ml cuka dan 20 ml air bersih. Gunakan gelas pengukur yang tersedia.
  2. Untuk Steam Sterilizer 8 botol : campurkan 30 ml cuka dan 50 ml air bersih. Gunakan gelas pengukur yang tersedia.

Tuang campuran tersebut pada base heater (dasar mesin) kemudian pasang semua bagian pada tempatnya, jangan lupa tutup dengan penutup. Lalu lakukan proses sterilisasi seperti biasa dengan menekan tombol start swicth.

Perhatian: Proses ini harus dalam keadaan kosong (tidak diisi dengan botol, dot dll).

Setelah selesai biarkan mesin dingin terlebih dahulu, sekitar 1 - 2 jam. Setelah itu ulangi sekali lagi dengan hanya menggunakan air bersih saja (untuk Steam Sterilizer 2 botol : 30 ml air bersih, untuk Steam Sterlizer 8 botol : 80 ml air bersih, gunakan gelas pengukur).

Lain-lain :

  • Jangan memasukkan air bersih lebih dari 30 ml (untuk Steam Sterilizer 2 botol) dan 80 ml (untuk Steam Sterlizer 8 botol) karena jika berlebihan dapat menyebabkan konslet. Untuk itu sebaiknya takarlah air menggunakan gelas pengukur yang tersedia.
  • Jangan mencabut soket dari sumber listrik sebelum proses sterilisasi selesai, hal ini ditandai dengan padamnya lampu indikator pada bagian depan mesin.
  • Jangan langsung membuka penutup mesin setelah proses sterilisasi selesai, tunggulah beberapa menit mengingat uap hasil sterilisasi bersuhu tinggi.
  • Setelah proses sterilisasi selesai, alat jangan digunakan untuk proses steril berikutnya. Jika akan dipakai lagi, tunggulah sampai dasar mesin (base heater) dingin yaitu sekitar 1-2 jam.

Sumber: Pigeon Indonesia
Sumber foto: babysbuyingguide.com